1. ISP (Internet Service Provider)
Pengertian :
Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/ISP
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan
usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP
awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi
atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah
telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak
hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi
seperti fiber optic dan wireless.
Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh.
Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh.
Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.
Lalu gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange,
interkoneksi.
Sebagian besar ISP memerlukan upstream. Upstream itu adalah
istilah dari penyedia koneksi dari ISP tersebut. Jadi ISP juga berlangganan
dengan ISP yang lain.
ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya
memiliki pelanggan dan interkoneksi, Channel-11 akan menjadi Tier1 pada saat
mati.
Hanya ada 9 ISP yang tergolong Tier 1 di dunia ini
Yaitu :
·
AT&T
(AS7018)
·
Global Crossing (GX) (AS3549)
·
Level 3 (AS3356)
·
Qwest
(AS209)
·
SAVVIS
(AS3561)
·
Sprint Nextel
Corporation (AS1239)
List Tier 2 ISP yang paling berpengaruh di dunia :
·
PCCW Global (formerly Beyond the Network Access
(BTN)) AS3491 (Buys transit from Savvis AS3561)
·
Cogent Communications
AS174 (buys transit from Verio, AS2914)
·
France Télécom AS5511
(buys transit from Sprint, AS1239)
·
Tiscali
International AS3257 (buys transit from Sprint, AS1239)
·
Telecom Italia Sparkle
(Seabone) AS6762 (buys transit from Verizon Business, AS701 and Sprint,
AS1239)
·
XO Communications AS2828
(buys transit from Sprint, AS1239)
·
Kelebihan
:
� Murah meriah
� 90% daerah di Indonesia sudah tercover
� Tidak ada investasi apa-apa (karna peralatan semua dipinjamkan oleh pihak Telkom)
� dll
Kekurangan :
� Lambat (Waktu pertama coba emank cepat, tapi lama kelamaan lamot banget)
� Banyak trouble (tau sendiri kan kualitas Telkom gimana??)
� Tergantung dari bagus-jeleknya saluran telpon di daerah kamu
� Pelayanan kurang profesional
� Kalo lagi bermasalah, speedy jarang dikasih tau kemana harus sharenya
� dll
Wireless
Kelebihan :
� Kalo lagi bermasalah, biasanya dikasih tau kemana harus share kemana
� Cukup cepat kalo lagi tidak hujan
� Relatif murah (untuk penggunaan komputer diatas 5 unit)
� Pelayanan profesional
� dll
Kekurangan :
� Mudah dibajak.
� Kecepatan wireless bergantung dengan cuaca, kalau hari hujan deras kecepatannya melemah(kurang)
� Investasi awal mahal (karna ISP tidak meminjamkan tower)
� Harus pilih-pilih ISP (karena tidak semua area dicover sama mereka)
� Murah meriah
� 90% daerah di Indonesia sudah tercover
� Tidak ada investasi apa-apa (karna peralatan semua dipinjamkan oleh pihak Telkom)
� dll
Kekurangan :
� Lambat (Waktu pertama coba emank cepat, tapi lama kelamaan lamot banget)
� Banyak trouble (tau sendiri kan kualitas Telkom gimana??)
� Tergantung dari bagus-jeleknya saluran telpon di daerah kamu
� Pelayanan kurang profesional
� Kalo lagi bermasalah, speedy jarang dikasih tau kemana harus sharenya
� dll
Wireless
Kelebihan :
� Kalo lagi bermasalah, biasanya dikasih tau kemana harus share kemana
� Cukup cepat kalo lagi tidak hujan
� Relatif murah (untuk penggunaan komputer diatas 5 unit)
� Pelayanan profesional
� dll
Kekurangan :
� Mudah dibajak.
� Kecepatan wireless bergantung dengan cuaca, kalau hari hujan deras kecepatannya melemah(kurang)
� Investasi awal mahal (karna ISP tidak meminjamkan tower)
� Harus pilih-pilih ISP (karena tidak semua area dicover sama mereka)
·
Email (Electronic Mail)
adalah surat elektronik, merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks
yang dapat dikirim dan diterima secara elektronik melalui beberapa perangkat komputer
atau telepon sellular.
·
·
SejarahEmail
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
·
Seperti aplikasi lain dalam web,
Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh
client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut
menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga
karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
·
·
·
1. Nyaman : karena tidak perlu pergi ke kantor
pos, cukup duduk di depan komputer anda yg sudah terhubung dengan Internet.
2. Cepat : pengiriman e-mail dapat berlangsung dengan cepat asal saluran Internet yg digunakan tidak bermasalah.
3. Murah : sekali anda terhubung ke Internet, biaya pengirimana e-mail relatif sangat murah dibandingkan dengan menggukan perangko.
4. Hemat sumber daya : tidak perlu beli kertas, pulpen, perangko.
5. Aman : karena ada passwordnya.
6. Reliabel : e-mail dapat disimpan di e-mail server, e-mail tidak akan hilang kecuali bila dihapus.
7. Global : e-mail dapat dikirim ke seluruh dunia.
8. Memungkinkan pengiriman pesan berformat multimedia : e-mail yg dikirim dpt berupa teks, gambar, video, program, suara dll.
2. Cepat : pengiriman e-mail dapat berlangsung dengan cepat asal saluran Internet yg digunakan tidak bermasalah.
3. Murah : sekali anda terhubung ke Internet, biaya pengirimana e-mail relatif sangat murah dibandingkan dengan menggukan perangko.
4. Hemat sumber daya : tidak perlu beli kertas, pulpen, perangko.
5. Aman : karena ada passwordnya.
6. Reliabel : e-mail dapat disimpan di e-mail server, e-mail tidak akan hilang kecuali bila dihapus.
7. Global : e-mail dapat dikirim ke seluruh dunia.
8. Memungkinkan pengiriman pesan berformat multimedia : e-mail yg dikirim dpt berupa teks, gambar, video, program, suara dll.
·
KELEMAHAN PEMAKAIAN E-MAIL :
1. Salah Kirim : karena salah menulis alamat e-mail yang dituju.
2. Rawan Penyadapan : Password yg diketahui oleh orang lain, atau karena menggunaka web e-mail gratis.
3. Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
4. Kebanjiran e-mail/ spam/ mailboxnya penuh.
5. Respon terlambat.
1. Salah Kirim : karena salah menulis alamat e-mail yang dituju.
2. Rawan Penyadapan : Password yg diketahui oleh orang lain, atau karena menggunaka web e-mail gratis.
3. Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
4. Kebanjiran e-mail/ spam/ mailboxnya penuh.
5. Respon terlambat.
Menurut Kaplan, diutarakan oleh
Turban, McLean dan Wetherbe tahun 1999, pada halam 478, AI atau Artificial
Intelligence mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan kecerdasan alami
(Kecerdaran Manusia). Kelebihan tersebut dipaparkan sebagai berikut:
- AI Lebih Bersifat Permanen
- AI Menawarkan Kemudahan untuk
digandakan dan disebarkan
- AI dapat lebih murah daripada kecerdasan
Alami
- AI bersifat konsisten dan
teliti
- AI dapat didokumentasi
Penjabaran dari kelima kelebihan AI
adalah:
# AI Lebih bersifat Permanen
Berbeda dengan AI, kecerdasan Alami yang dipunyai oleh seseorang tidak dapat disimpan. Ketika orang tersebut pindah kerja, pengetahuan yang dimilikinya ikut terbawa. AI lebih bersifat Permanen karena tetap ada sepanjang sistem komputer dan program masih terpelihara.
# AI Menawarkan Kemudahan untuk digandakan dan disebarkan
Pemindahan pengetahuan dari satu orang ke orang lain memerlukan waktu yang panjang dan bahkan mungkin pengetahuan itu tidak dapat diduplikasi secara lengkap. Adapun pengetahuan dalam sistem komputer mudah sekali untuk disalin dan dipidahkan ke sistem lain.
# AI dapat lebih murah daripada kecerdasan alami
Telah banyak dibuktikan bahwa biaya membeli jasa dengan komputer lebih murah daripada biaya untuk membiayai manusia yang melaksanakan tugas yang sama.
# AI bersifat Konsisten dan Teliti
Hal ini berbeda dengan manusia yang sering tak menentu atau tidak konsisten.
# AI dapat didokumentasi
Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara mencatat semua kegiatan yang dilakukan sistem. Kecerdasan alami sulit untuk didokumentasi. Sebagai contoh, seseorang bisa jadi melakukan penyimpulan, tetapi pada saat yang lain mungkin tidak dapat melakukan kembali proses penalaran yang membimbingnya ke kesimpulan ataupun mengingat kembali asumsi-asumsi yang mendasari keputusan
# AI Lebih bersifat Permanen
Berbeda dengan AI, kecerdasan Alami yang dipunyai oleh seseorang tidak dapat disimpan. Ketika orang tersebut pindah kerja, pengetahuan yang dimilikinya ikut terbawa. AI lebih bersifat Permanen karena tetap ada sepanjang sistem komputer dan program masih terpelihara.
# AI Menawarkan Kemudahan untuk digandakan dan disebarkan
Pemindahan pengetahuan dari satu orang ke orang lain memerlukan waktu yang panjang dan bahkan mungkin pengetahuan itu tidak dapat diduplikasi secara lengkap. Adapun pengetahuan dalam sistem komputer mudah sekali untuk disalin dan dipidahkan ke sistem lain.
# AI dapat lebih murah daripada kecerdasan alami
Telah banyak dibuktikan bahwa biaya membeli jasa dengan komputer lebih murah daripada biaya untuk membiayai manusia yang melaksanakan tugas yang sama.
# AI bersifat Konsisten dan Teliti
Hal ini berbeda dengan manusia yang sering tak menentu atau tidak konsisten.
# AI dapat didokumentasi
Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara mencatat semua kegiatan yang dilakukan sistem. Kecerdasan alami sulit untuk didokumentasi. Sebagai contoh, seseorang bisa jadi melakukan penyimpulan, tetapi pada saat yang lain mungkin tidak dapat melakukan kembali proses penalaran yang membimbingnya ke kesimpulan ataupun mengingat kembali asumsi-asumsi yang mendasari keputusan
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada
pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut
dengan dokumen hiperteks,
yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan
Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni
HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1
yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan
demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu
untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
Pengembangan standar HTTP telah
dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide
Web Consortium/W3C)
dan juga Internet
Engineering Task Force
(IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak
dirujuk adalah RFC 2616
(yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
Dukungan untuk HTTP/1.1 yang belum
disahkan, yang pada waktu itu RFC
2068, secara cepat diadopsi oleh banyak
pengembang penjelajah Web pada tahun 1996 awal. Hingga Maret 1996, HTTP/1.1 yang belum disahkan
itu didukung oleh Netscape 2.0, Netscape Navigator Gold 2.01, Mosaic
2.7, Lynx
2.5, dan dalam Microsoft Internet Explorer 3.0. Adopsi yang dilakukan oleh
pengguna akhir penjelajah Web pun juga cepat. Pada bulan Maret 2006, salah satu
perusahaan Web hosting melaporkan bahwa lebih dari 40% dari penjelajah Web yang
digunakan di Internet adalah penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. [1]Perusahaan
yang sama juga melaporkan bahwa hingga Juni 1996, 65% dari semua penjelajah yang
mengakses server-server mereka merupakan penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. Standar
HTTP/1.1 yang didefinisikan dalam RFC
2068 secara resmi dirilis pada bulan
Januari 1997. Peningkatan dan pembaruan terhadap standar HTTP/1.1 dirilis
dengan dokumen RFC 2616
pada bulan Juni 1999.
HTTP adalah sebuah protokol
meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai
permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80). Klien yang mengirimkan
permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. Server yang
meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar,
dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga
origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy,
gateway, dan juga tunnel.
HTTP tidaklah terbatas untuk
penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi
TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di
atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya. seperti
disebutkan dalam "implemented on top of any other protocol on the
Internet, or on other networks.", tapi HTTP membutuhkan sebuah protokol
lapisan transport yang dapat diandalkan. Protokol lainnya yang menyediakan
layanan dan jaminan seperti itu juga dapat digunakan.."[2]
Sumber
daya yang hendak diakses dengan
menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform
Resource Identifier
(URI), atau lebih khusus melalui Uniform
Resource Locator
(URL), menggunakan skema
URI http: atau https:.
Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
Daftar isi |
[sunting] Sejarah
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung
dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika
merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui
informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April
1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar