A.
INTERNET
1.
Definisi
dan Sejarah Internet
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET
(Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware
dan software
komputer yang berbasis UNIX,
kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran
telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar
informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan
menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada
saat itu Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem
jaringan komputer yang tersebar dengan
menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila
terjadi serangan nuklir
dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi
perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di
mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum
ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di
seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET"
untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk
keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan
akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet
Internet adalah singkatan dari kata interconnected networking, dan
internet adalah sebuah jaringan komputer luas dan besar yang mendunia atau
meng-global, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara
lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya
informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan adalah sebuah
perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi
atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain
dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan
tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi,
internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan
pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan
perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan
kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada. Negara dengan akses
internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50%
daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua
bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia,
seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga
rendahlainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet
aksss seperti warnet
, cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses
internet adalah di kampus dan dikantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses
Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS
(General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi
wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung
aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses
yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung
dari operator (Simpati, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet
dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat
umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet
cafe/warnet (juga disebut Cyber
Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses internet, seperti
Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.
Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe.
Pengguna hanya perlu membawa laptop
(notebook), atau PDA,
yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.
2.
Tujuan
dan Fungsi Internet
Menurut Tjiptono dan Diana (2000, p45), melalui keunggulan dalam hal
komunikasi, information retrieval dan information search, internet bisa
dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan bisnis, di antaranya berfungsi
sebagai :
- Yellow
pages berupa database terorganisasi yang memuat aneka ragam informasi
produk, perusahaan, iklan, berita, hiburan dan sebagainya.
- Web
traffic control berfungsi sebagai iklan yang menarik perhatian
para pemakai internet agar mengunjungi web site-web site tertentu.
- Online
store front berupa gerai (outlet) penjualan virtual maupun mal-mal
virtual yang kini semakin marak dijumpai.
- Standard
websites berupa homepages dan alamat e-mail untuk kontak atau layanan
pelanggan.
- Business-to-business
links berupa koneksi pada jaringan bisnis yang dimiliki perusahaan.
- Community
sites seperti ruang ‘ngobrol’ (chatting room) khusus untuk kelompok
pelanggan tertentu.
- Informational/image
sites web site yang tidak memiliki fungsi komersial langsung, namun
lebih menekankan aspek penyajian informasi.
- Content
based sites dimana pemakai jasa harus membayar biaya keanggotaan agar
bisa mendapatkan akses ke isi web site yang bersangkutan
B.
WEB
1.
Definisi
Web
World Wide Web (“WWW“, atau
singkatnya “Web“) adalah suatu ruang informasi di mana
sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang
disebut Uniform
Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara
keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.
Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama browser web yang mengambil
informasi (disebut “dokumen” atau “halaman web“)
dari server web dan
menampilkannya, biasanya di sebuah monitor. Kita lalu dapat
mengikuti pranala
di setiap halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi
kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya. Ini disebut “surfing”
atau “berselancar” dalam bahasa Indonesia. Halaman web biasanya diatur
dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut “situs web“.
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs
saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web
(web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain
name) atau subdomain
di World Wide
Web (WWW) di Internet.
WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman
sebuah situs web diakses dari sebuah URL
yang menjadi “akar” (root), yang disebut homepage (halaman
induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), dan biasanya
disimpan dalam server
yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs
web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs
yang menampilkan pornografi,
situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail),
dan lain-lain.
Terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang
biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada
didalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumen yang
ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa
diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server
website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua
publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan
informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang
biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi
sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut
mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana
arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user
bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada
beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi
agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Penemu Website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan
website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991.
Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar
dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada
tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa
WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu,
atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya
website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah
website bisa berisi hyperling yang menghubungkan ke website lain, jadi,
kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan
dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan
diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser,
yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses
melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa Personal
Computer, Laptop Computer, PDA ataupun Cellphone.
Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal
dengan Web Server, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa
menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian
menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon
permintaan dari user. Apache adalah bahasa program/software yang biasa
digunakan didalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft
Internet Information Server (IIS).
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi
didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan
biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan
software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan
maintaining ini, mereka adalah :
1)
Elemen 1 Text Editor. Contohnya
adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor
tersebut.
2)
Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya
Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit
menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis
di generate oleh editor ini.
3)
Elemen 3 Editor yang sudah
memiliki template, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini
membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke web server
secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih
template yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek,
mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat website
tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi
didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan
berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah
kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi
langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima
permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut
akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari
permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang
sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau
menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.
Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate
Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion
(CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa
program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis.
Situs juga bisa termasuk didalamnya berisi informasi yang diambil dari satu
atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML,
contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate,
atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan
semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya
tetap terjaga.
Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web
browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa
cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash,
Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga
menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime,
meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang dirubah, tak perlu di
load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang
dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web
Browser sekarang ini.
Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan
dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum
dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, academia,
dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan
2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun
ia adalah kependekan dari World Wide Web
Situs Website atau biasa kita sebut dengan situs dapat diartikan
sebagai kumpulan halaman - halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi,
gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat
statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling
terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
Unsur unsur website menurut Hendra W Saputro :
Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.baliorange.net, http://www.detik.com Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).
Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.baliorange.net, http://www.detik.com Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).
Rumah tempat website (Web hosting) Pengertian
Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat
menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan
ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari
besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin
besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. Web
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk
dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan web hosting
rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari
perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di
Indonesia maupun Luar Negri.
Bahasa Program (Scripts Program) Adalah bahasa
yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat
diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau
interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan
maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat
bagus. Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas
website. Jenis jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website
antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar
yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya
merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan
interaktifnya situs. Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat
sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita,
artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan
lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.
Desain website Setelah melakukan penyewaan
domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program),
unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan
kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian
pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website. Untuk membuat website biasanya
dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer. Saat ini sangat
banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa
kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak
penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan
situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi
dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas
designer.
Publikasi website. Keberadaan situs tidak ada
gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung
internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya
pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat
memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Publikasi situs di
masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet,
selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang
efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif
dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui
search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search
Indonesia, dsb)
2.
Tujuan
dan Fungsi Web
Secara umum situs web, mempunyai beberapa fungsi yaitu:
a.
Fungsi Komunikasi
Situs
web mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis, karena
dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi
fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form
contact, chatting, forum, dan yang lainnya
b.
Fungsi Informasi
Situs
web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas
bagian kontennya karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isinya. Situs
ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat.
Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak seperti shockwave dan
java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang
memberikan fungsi informasi seperti News, Profile company, library,
reference, dan lain-lain.
c.
Fungsi Entertainment
Situs web juga dapat
memiliki fungsi entertainment / hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai
sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat
meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan
kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah
game online, musik online radio online, dan lain-lain.
d.
Fungsi Transaksi
Situs web dapat dijadikan
sarana transaksi bisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini
menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi
elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, ataupun
dengan membayar secara langsung.
Berikut ini beberapa
jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuannya:
a.
Alat Pemasaran
Sebuah situs web yang di
buat dengan tujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa layanan
suatu perusahaan. Dapat juga berupa Company Profile.
b.
Katalog
Sebuah situs web yang
digunakan sebagai katalog elektronik yang menampilkan produk-produk yang
dijual oleh perusahaan. Dengan menggunakan situs web, apalagi jika produk yang
tersedia sangat banyak, peng-update-an dapat dilakukan dengan mudah
dan efisien, dan lebih ekonomis.
c.
E-commerce
E-Commerce
merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi, dan proses
bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik. Di sini perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang
dilakukan secara elektronik.
d.
E-Learning
E-Learning
sebagai sembarang pegajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian
elektronik (LAN, WAN, atau Internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran,
interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk
pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui internet.
e.
Komunitas
Sebuah situs web yang
dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan pengunjung berkomunikasi secara
bersamaan. Pengunjung bisa berbagi pengalaman, cerita, ide dan lainnya, bisa
juga mencari dan menambah teman, atau untuk membuat suatu perkumpulan baru.
f.
Portal
Portal adalah aplikasi
berbasis web yang menyediakan akses suatu titik tunggal dari informasi online
terdistribusi, seperti dokumen yang didapat melalui pencarian, kanal berita,
dan link ke situs khusus.
g.
Personal
Situs personal merupakan
situs yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang
seseorang, biasanya berisi tentang biodata, portofolio, prestasi, atau sebagai
diary yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang di-publish agar
orang lain dapat mengetahui dan mengenal tentangnya.
C.
DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF DARI INTERNET DAN WEB
Sebagaimana lazimnya, tujuan
diciptakannya teknologi adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan
aktivitas dan memberi mamfaat seluas-luasnya bagi kehidupan manusia di muka
bumi ini. Namun pada kenyataannya, teknologi bagaikan dua sisi mata uang yang
selalu berbeda, artinya pada teknologi selalu memiliki pengaruh positif dan
negatif bagi kehidupan manusia yang berperan sebagai penggunanya. Misal,
teknologi nuklir diciptakan sebenarnya bertujuan sebagai sumber energi yang
sangat besar tapi murah. Namun pada tataran penggunaan, nuklir dijadikan
senjata pemusnah massal yang memiliki dampak radiasi yang luar biasa. Contoh
lain, teknologi komunikasi diciptakan untuk mempermudah manusia dalam berinteraksi.
Namun dalam tataran penggunaan bisa menyebabkan tergerusnya budaya bangsa oleh
budaya-budaya luar yang menyimpang karena derasnya arus informasi yang tidak
tersaring melalui media komunikasi dan informasi.
Internet sebagai salah satu hasil
dari rekayasa teknologi juga tidak terlepas dari pengaruh positif dan negatif
bagi kehidupan manusia. Di satu sisi, internet sangat berperan penting dalam
penyebaran informasi yang positif dan memberi manfaat yang sangat besar bagi
kehidupan manusia. Tapi di sisi yang lain internet juga berperan dalam
penyebaran informasi negatif bagi kehidupan manusia. Internet bisa dijadikan
sumber informasi dan data yang sangat lengkap bagi kepentingan manusia. Namun,
intrnet juga bisa membawa informasi yang tidak di inginkan yang tentu saja
merugikan.
Berikut adalah beberapa pengaruh postif dan negatif dunia internet bagi kehidupan manusia :
Berikut adalah beberapa pengaruh postif dan negatif dunia internet bagi kehidupan manusia :
Pengaruh
Positif:
1)
Sebagai
media penyebaran informasi yang cepat dan efektif. Melalui media internet, anda
bisa mendapatkan informasi tentang apapun dan di belahan dunia manapun dalam
hitungan detik.
2)
Sebagai
Media Komunikasi. Anda dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan siapapun di
seluruh dunia melaui media internet. Anda bisa ngobrol dengan teman-teman Anda
melalui program chat (berbasis voice maupun text)tanpa terhambat oleh jarak dan
dan tempat.
3)
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
4)
Memperluas
relasi dan pergaulan. Internet juga dapat dijadikan media untuk mencari teman
dan relasi, contohnya lewat situs jejaring sosial. Pertemananpun tidak hanya
sebatas lokal saja tetapi di seluruh dunia tanpa membedakan suku, ras dan
agama.
5)
Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Pengaruh negatif:
1)
Pornografi. Anggapan yang
mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan
kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and
Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan
isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan
segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan
menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
2)
Penipuan. Hal ini memang
merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara
yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi
yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
3)
Carding.Karena sifatnya yang
‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah
carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet
pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
4)
Perjudian.Dampak lainnya adalah
meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu
pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu
menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan
memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya
informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih
BalasHapusterimakasih banyak gan
salam sukses selalu