Blog ini khusus berisikan tentang materi-materi kuliah saya di Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon jurusan Manajemen, :)
Semoga yang saya tulis disini bermanfaat bagi kalian yang baca ya.. Meskipun banyak yang COPAS, paling engga ada usahanya.. haha.. :D
Secara aku baru belajar, doain ya guys.. :)
Blog ini khusus berisikan tentang materi-materi kuliah saya di Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon jurusan Manajemen, :)
Semoga yang saya tulis disini bermanfaat bagi kalian yang baca ya.. Meskipun banyak yang COPAS, paling engga ada usahanya.. haha.. :D
Secara aku baru belajar, doain ya guys.. :)

Sabtu, 06 Oktober 2012

Perkembangan Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi



·         Perkembangan Teknologi Komputer :
·         Sebelum tahun 1940
·         Setelah tahun 1940


§  Sebelum tahun 1940

-          Pada tahun 1816, Charles Babbage membuat ‘the differenceengine (mesin berbeda)’. Mesin ini mampu menyelesaikan masalah perhitungan matematik seperti logaritma secara mekanika dengan tepat sampai dua puluh digit. Mesin ini memiliki media input, memiliki memori penyimpanan, serta mengeluarkan output dalam bentuk cetakan pada kertas.
-          Konsep mesin ini mengagetkan ahli-ahli sains pada masa itu kerana dianggap terlalu maju. Namun karena kurang dukungan teknis, maka pengembangan mesin ini terbengkalai.
-          Babbage  kemudian mengalihkan proyek perhatiannya kepada‘the analytical engine (mesin analiti)’. Kekurangan teknologi pada masa tersebut juga menyebabkan projek ini ditangguhkan.
-          Walaupun gagal menyiapkan kedua mesin tersebut, namun ide Babbage dianggap amat berguna pada pembentukan komputer modern saat ini.
-          Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang dirancang oleh Babbage, yaitu input, memori,pemprosesan dan output.
-          Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromagnetik yang diberi nama Mark I pada tahun 1937.Satu bagian mesin ini adalah elektronik dan sebagian lagimekanik. Bentuknya besar dan berat. Mark I mampu menyelesaikan perhitungan fungsi-fungsi trigonometri disamping perhitungan dasar matematika lainnya. Sungguhpun demikian, ia masih dianggap lambat karena jumlah memori yang dapat disimpan sedikit.

§  Setelah Tahun 1940
Evolusi komputer setelah tahun 1940 dibagi menjadi lima generasi, yaitu :

1.      Generasi Pertama (1940 - 1959)

2.      Generasi Kedua (1959 -1964)

3.      Generasi Ketiga (1964 - awal 80-an)

4.      Generasi Keempat (awal 80-an - ?)

5.      Generasi Kelima (masa depan)

1.      Generasi Pertama (1940 - 1959)

-          Komputer-komputer generasi pertama menggunakan ribuan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data.Sehingga ukurannya sangat besar dan mahal.
-          Contoh komputer generasi pertama yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ) diciptakan oleh Dr JohnMauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.
-          Perkembangan yang paling dihargai ialah pertama kali komputer menyimpan memori di dalamnya, yang dikenal sebagai konsep penyimpanan program(stored programconcept ).
-          Konsep yang ditemukan oleh John von Neumann ini juga menitik beratkan penggunaan nomor binari untuk semua tugas pemprosesan dan penyimpanan
-           Dr. Mauchly dan Eckert juga membantu terbentuknya komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer ) yang mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum.
-          Perhitungan menjadi lebih cepat dari pada ENIAC.
-          EDVAC menggunakan sistem nomor binari dan konsep penyimpanan program.
-          Komputer EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator ) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri)dalam tabung untuk menyimpan memori. Cara ini didapatilebih ekonomis daripada tabung vakum. Tapi pada dasarnya ia masih dianggap terlalu mahal.
-          EDSAC dikembangkan oleh University Cambridge, England.
-          Pada tahun 1951 Dr. Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan

2.      Generasi Kedua (1959 -1964)

-          Komputer-komputer genarasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung-tabung vakum,menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan murah.
-          Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi.
-          Komputer DEC PDP-8 ialah minikomputer pertama yang diciptakan pada tahun 1964 untuk memproses data-data perniagaan. Komputer lainnya dalam generasi ini ialah IBM7090 dan IBM 7094.

3.      Generasi Ketiga (1964 - awal 80-an)

-          Chip mulai menggantikan transistor, dimana chip ini terdiridari ribuan transistor didalamnya yang proses pembuatannya disebut large scale integration (LSI). Sehingga komputer menjadi lebih kecil ukurannya.
-          Mikrokomputer yang popular yaitu Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair.
-          Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascaldan PL/1

4.      Generasi Keempat (awal 80-an - ?)

-          Chip masih digunakan untuk pemprosesan dan menyimpan memori. Ia lebih maju, mengandung beratusribu komponentransistor didalamnya. Proses pembuatan chip teknologi tinggiini disebut very large scale integration (VLSI).
-          Memori utama komputer menjadi lebih besar.
-          Lahirnya superkomputer yang lebih cepat dibandingkan komputer mainframe.


5.      Generasi Kelima (masa depan)

-          Komputer generasi ini mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi secara bersamaan untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam satu waktu.
-          Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang amat besar agar mampu menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks.
-          Unit pemprosesan pusat(CPU) juga mampu berfungsi sepertiotak manusia.
-          Komputer impian ini juga mempunyai kepandaian tersendiri,mengenali keadaan sekeliling melalui penglihatan dan dapat mengambil keputusan tanpa pengawasan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.

 Perkembangan Teknologi Informasi
·         Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan Teknologi Informasi, yang dimulai dari pertama kali ditemukannya komputer hingga saat ini.Keempat era tersebut (Cash et.al., 1992) terjadi tidak hanya karena dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.

Empat Era Perkembangan Teknologi Informasi :

ERA KOMPUTERISASI

ERA TEKNOLOGI INFORMASI

ERA MANAJEMEN PERUBAHAN

ERA GLOBALISASI  INFORMASI


·         ERA KOMPUTERISASI

-          Periode ini dimulai sekitar tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan sepertiIBM ke dunia industry
-          Pemakaian komputer di masa ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi kerja
-          Keperluan organisasi yang paling banyak menyita waktu komputer pada saat itu adalah untuk administrasi back office,terutama yang berhubungan dengan akuntansi dankeuangan.
-          Kemampuan mainframe untuk melakukan perhitungan rumit dimanfaatkan perusahaan untuk membantu menyelesaikan problem-problem teknis operasional, seperti simulasi-simulasi perhitungan pada industri pertambangan dan manufaktur.
-           
·         ERA TEKNOLOGI INFORMASI

-          Di awal tahun 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer 
-          Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif 
-          Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi milik pribadi Divisi EDP (Electronic Data Processing ) perusahaan, di era kedua ini setiap individudi organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer,seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun dataprocessing (end-user computing)
-          Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa



·         ERA MANAJEMEN PERUBAHAN

-          teori-teori manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Salah satu teoriyang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah mengenai manajemen perubahan (change management )
-          Hampir di semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satukomponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaanyang ingin menang dalam persaingan bisnis
-          Pada era ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi,dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut
-          Kunci dari keberhasilan perusahaan di era tahun 1980-an ini adalah penciptaan dan penguasaan informasi secara cepatdan akurat
-          Perusahaan yang menguasai informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif di dalam lingkungan makro
-          Sangat jelas dalam format kompetisi yang baru ini, peranan komputer dan teknologi informasi, yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi,SDM, budaya perusahaan, manajemen, dan komponen terkait lainnya, dalam membentuk sistem informasi yang baik,merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan secara strategis
-          Di era tahun 1980-an sampai dengan awal tahun 1990-an banyak sekali perusahaan yang melakukan BPR (BusinessProcess Reengineering), re-strukturisasi, implementasi ISO-9000, implementasi TQM, instalasi dan pemakaian sisteminformasi korporat (SAP, Oracle, BAAN), dan lain sebagainya

·         ERA GLOBALISASI  INFORMASI

-          Awal tahun 1990-an Internet mulai diperkenalkan kedunia Industri
-          Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet,Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat
-          Tidak ada negara yang mampu untuk mencegahmengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain,karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer
-          Melalui virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet.
-          Sulit untuk dihitung besarnya uang atau investasi yang mengalir bebas melalui jaringan internet.
-          Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money 
-          Dengan mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baruakan teknologi informasi yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu adaptif terhadap perubahan.
-          Para praktisi negara maju menjawab tantangan ini dengan menghasilkan produk-produk aplikasi yang berbasis objek,seperti OOP (Object Oriented Programming ), OODBMS( Object Oriented Database Management System),Object Technology, Distributed Object,dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar