Pengertian manajemen
– Terdapat berbagai macam ragam definisi dari manajemen, ada yang
mengartikan dengan aturan, prosedur dan sebagainya. Namun, pada umumnya
pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:
1. Manajemen sebagai suatu proses.
2. Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia.
3. Manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).
Berikut adalah ulasan mengenai pengertian Manajemen diatas :
-
Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagaimana cara orang untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian
manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2.
Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui
kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu
untuk mencapai tujuan.
3.
George R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan
terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain. Dalam bukunya yang
berjudul “Principles of Management”, ia menyampaikan pendapatnya bahwa :
(Management is a distinct process consisting of planning, organizing,
actuating, and controlling, utilizing in each both science and art,
and followed in order to accomplish predetermined objectives) yang
artinya “manajemen adalah suatu proses yang membeda-bedakan atas ;
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan,
dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”
-
Manajemen sebagai suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan
dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan
manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya
suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.
-
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas
manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen. Pengertian
manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1.
Chester I Bernard dalam bukunya yang berjudul JTAe^Bnctíon of the
Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fajol, Alfin
Brown Harold, Koontz Cyril O’donnel dan GerQge K Terry.
2. Marry Parker Follett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Dari
definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu
koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
- Siapa sajakah yang membutuhkan manajemen....??
Manajemen
dibutuhkan oleh semua orang, kelompok, organisasi, dan yang lainnya
untuk mengatur , merencanakan segala hal untuk dapat tujuan yang baik.
Untuk mencapai tujuan tersebut, manajer perlu menjaga keseimbangan
antara tuntutan yang bertentangan dari para pemegang kepentingan
organisasi. Jadi, manajemen harus menyeimbangkan kepentingan kelompok yang berbeda.
- Alasan mengapa manajemen dibutuhkan...??
Manajemen dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas. Efisiensi
adalah kemampuan untuk mendapatkan hal-hal yang dilakukan dengan benar
dengan mengeluarkan output mungkin dan input sebesar mungkin. Seorang
manajer yang efisien adalah orang yang mendapat output lebih tinggi
relatif terhadap input (tenaga kerja, bahan, uang, mesin dan waktu). Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang paling cocok dan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Artinya, manajer yang efektif pilih hal yang benar untuk dilakukan dan metode yang tepat untuk mencapai tujuan mereka. Dan keduannya dibutuhkan demi mencapai tujuan yang baik.
Terima Kasih......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar