Blog ini khusus berisikan tentang materi-materi kuliah saya di Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon jurusan Manajemen, :)
Semoga yang saya tulis disini bermanfaat bagi kalian yang baca ya.. Meskipun banyak yang COPAS, paling engga ada usahanya.. haha.. :D
Secara aku baru belajar, doain ya guys.. :)
Blog ini khusus berisikan tentang materi-materi kuliah saya di Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon jurusan Manajemen, :)
Semoga yang saya tulis disini bermanfaat bagi kalian yang baca ya.. Meskipun banyak yang COPAS, paling engga ada usahanya.. haha.. :D
Secara aku baru belajar, doain ya guys.. :)

Sabtu, 27 Oktober 2012

Pengantar Manajemen


Disain Struktur Organisasi
Konsep Dasar Pengorganisasian:
Ò  Dalam fungsi pengorganisasian, manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.
Ò  Kerangka kerja tersebut dinamakan sebagai Desain Organisasi.
Ò  Bentuk Spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
Ò  Stuktur Organisasi pada dasarnya merupakan desain organisasi dimana manajer melakukan alokasi sumber daya organisasi, terutama yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana keseluruhan kerja tersebut dapat dikordinasikan dan dikomunikasikan
PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
Pengorganisasian è proses penyusunan struktur organisasi yg sesuai dengan tujuan organisasi, sumberdaya-sumberdaya yg dimiliki dan lingkungan yg melingkupinya
     Aspek utama proses proses penyusunan struktur organisasi ada 2 (dua) yaitu:
                                *     Departementalisasi àpengelompokkan  
                                                                  kerja
                                *     Pembagian kerja à pemerincian tugas                                                                                    pekerjaan
Contoh dari Bagan Organisasi:

Empat Pilar Pengorganisasian
(Four Building Blocks of Organizing
)
Ò  Pilar Pertama : pembagian kerja (division of work)
Ò  Pilar Kedua : Pengelompokan Pekerjaan (Departmentalization)
Ò  Pilar Ketiga : penentuan relasi antar bagian dalam organisasi (hierarchy)
Ò  Pilar Keempat : penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktifitas antar bagian dalam organisasi atau koordinasi (coordination)
Faktor-faktor yang memPengaruhi Struktur Organisasi
Ò  Strategi Organisasi
Ò  Skala Organisasi
Ò  Teknologi
Ò  Lingkungan
Beberapa pendekatan dalam Departementalisasi
Ò  Berdasarkan Fungsional
Ò  Berdasarkan Produk
Ò  Berdasarkan Pelanggan
Ò  Berdasarkan Geografis
Ò  Berdasarkan Matriks
Departementalisasi berdasarkan Fungsi
Departementalisasi berdasarkan Produk

Departementalisasi berdasarkan Pelanggan

Departementalisasi berdasarkan Geografis

Departementalisasi berdasarkan Matriks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar